Penerapan Kecerdasan Buatan pada Game Ninja Saga

Penerapan Kecerdasan Buatan pada Game Ninja Saga

Latar Belakang Masalah
Ninja Saga dibuat berdasarkan Latar belakang film naruto yang saat ini sedang sangat populer dan digandrungi di seluruh dunia baik dari kalangan anak kecil, remaja, hingga usia dewasa. Film naruto menceritakan tentang seorang anak bernama Naruto yang bercita – cita menjadi pemimpin di negaranya. Karena itulah naruto berlatih banyak jurus ninja dan melakukan banyak misi serta berbagai pertarungan sesama ninja demi mewujudkan cita – citanya menjadi pemimpin. Karena jalan cerita yang menarik serta tokoh – tokoh yang baru disertai pemberian karakter yang kuat dan tidak membosankan, film ini berhasil membuat banyak orang meminatinya. Bedasarkan film ini, timbul ide untuk menciptakan game RPG dengan menggunakan flash. Disamping hal tersebut, game ini diciptakan berdasarkan informasi statistik pengguna facebook di dunia yang berjumlah ratusan juta. Karena itu diciptakanlah game Ninja Saga sebagai aplikasi facebook.Dimana dalam game ini user dapat saling memainkan tokohnya masing – masing dan bertarung dengan user lainnya dengan berbagai jurus dan level yang berbeda – beda.

Story Game

Game ini bersifat fighting RPG, yaitu user akan menggunakan sebuah karakter ninja dan bertarung dengan ninja lain yang dikendalikan oleh user lainnya, dimana serangan dilakukan secara bergantian dengan berbagai macam jurus ninja. User juga dapat memodifikasi karakter ninja yang digunakannya seperti halnya pakaian, senjata, gaya dan warna rambut, serta berbagai asesoris lainnya.






Judul Game : Ninja Saga
Jenis Game : Fighting RPG
Sistem Kendali : Mouse
Background Setting : Alam pegunungan, hutan, bukit, serta desa yang bernuansa ninja yang dihiasi dengan backsound instrumental ala ninja di jepang.
Sistem Permainan : User harus menjalankan misi yang diberikan setiap harinya untuk dapat naik ke level yang lebih tinggi hingga level 60, dimana pada misi di setiap level user harus bertarung dan mengalahkan ninja lain hingga misi selesai. Tingkat kesulitan melawan musuh juga akan bertambah seiring bertambahnya level user. Jika dapat menyelesaikan misi di setiap level user akan mendapatkan gold yang dapat digunakan untuk membeli pakaian, senjata, serta mempelajari jurus baru dengan level yang lebih tinggi dari 5 macam elemen yaitu api, air, tanah, angin, api, dan petir. User juga dapat mempelajari jurus ilusi yang dapat digunakan untuk memperdaya lawan ketika pertarungan. Selain menjalankan misi, karakter ninja yang dimiliki juga dapat bertarung dengan ninja milik user lainnya di seluruh dunia yang sedang online bersamaan. Control yang digunakan untuk menjalankan game ini hanyalah mouse. Ketika pertarungan, user cukup memilih/mengklik salah satu dari berbagai macam jurus yang dimiliki pada skill board dan karakter ninja pun akan melakukan jurus sesuai dengan perintah user.




Cara Bermain
Saat mulai menjalankan game ini, kita akan dihadapkan dengan 6 pilihan tombol.

Untuk bisa memainkan permainan ninja saga pengguna harus mebuat akun game ninja saga terlebih dahulu dengan mengklik create yang berarti membuat sebuah akun baru, walaupun di dalam permainan game ninja saga terdapat banyak pilihan create tetapi yang bisa di buat secara gratis oleh pengguna hanya 1 akun saja, apabila pengguna ingin membuat banyak akun maka pengguna harus membayar dengan menggunakan token.
Untuk memulai permaian game facebook ninja saga pengguna tingal klik akun tersebut dan klk play. Setelah itu akan muncul layar yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan game area pertarungan yang nantinya akan dimainkan. Pengaturan-pengaturan tersebut diantaranya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


  1. Mission Room
Digunakan  untuk melakukan misi game atau melakukan pertarungan dengan lawan game yang sudah ada di dalam game.
  1. Academy
Digunakan untuk melakukan pembelian jurus jutsu tetapi pembelian jutsu harus di sesuaikan dengan level permainan yang pengguna gunakan.
  1. Shop
Digunakan untuk melakukan pemberlian gear atau senjata, baju dan alat tempur lainnya.
  1. Pet Centre
Digunakan untuk melakukan pembelian hewan peliharaan yang akan membantu pengguna untuk  melawan musuh musuh yang akan di hadapi pada misi yang selanjutnya
  1. Area
Digunakan untuk melakukan pertarungan antara character pengguna yang lain baik yang secara langsung antara pengguna yang sedang main atau dengan character pengguna yang sudah offline.
  1. Talent
Digunakan untuk melakukan penggunaan jurus yang lebih kepada talenta dari game ninja saga tersebut.
  1. Recruit friends
Digunakan untuk melakukan perekrutan teman atau perekrutan pengguna lain untuk membantu melakukan penyelesaian misi dalam melakukan pertarungan.
  1. Hunting House
Digunakan untuk melakukan pertarungan melawan musuh yang berbentuk moster.
Untuk memulai permainan kita dapat memilih tombol Mission Room. Setelah itu akan muncul layar yang memungkinkan kita untuk melakukan pemilihan lawan game yang nantinya akan dimainkan. Pengaturan-pengaturan tersebut diantaranya :

1.              Spesial Event
Digunkan dan akan terbuka jika setiap kali kenaikan level
2.              Victory
Digunakan dan akan terbuka setiap 1 hari sekali
3.              Tp Trining
Digunakan untuk melanjutkan jurus jutsu di level 40 tingkat junin.
4.              Grade Misson A, B, C
Menunjukkan level lawan musuh yang akan di hadapi tiap tingkatan level pengguna.


Gambar diatas adalah gambar ketika melakukan pertempuran dengan lawan


Gambar diatas adalah profile dari akun game pengguna

Gambar diatas adalah gambar dari hewan perliharaan dari akun game character pengguna

Gambar diatas adalah bagian dari inventory akun game yang memuat sega persenjataan dan item item dari akun game tesebut.

Gambar diatas adalah bagian dari inventory jutsu atau invntory dari jurus jurus yang telah dibeli.

Gambar diatas adalah bagian dari unjian talenta dari game tersebut untuk mendapatkan jurus baru yang terdapat pada level 40 ke atas.


sumber: 
http://dokumen.tips/documents/kecerdasan-buatan-pada-game-ninja-saga.html



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar